Powered By Blogger

Selasa, 02 Februari 2010

Trik Ikut Bazar

Bagi anda yang bermatapencaharian sebagai penjahit mau mencari tambahan uang atau mempunyai keahlian dibidang tatabusana yang kreasi model yang elegan namun anda bosan atau kesulitan untuk mengenalkan kelebihan produk anda .
ikut Bazaar !! bagi anda yang punya usaha/jualan, ikutlah bazaar (sebanyak-banyaknya), kenapa ?

a. Penjualan langsung = untung, ya kalau di bazaar yang cuma dari jam 9-13 aja untungnya sudah lumayan, apalagi kalau ikutan bazaar yang rame dan berlangsung berhari-hari ya :)

b. Promosi-promosi-promosi, sebenarnya di bazaar tsb tidak ada target penjualan di RJH, yang penting adalah promosi (makanya bikin X-Banner) tujuannya biar orang-orang tau kalau ada penjahit baru (online) di graha raya :)

c. Belajar jualan, sama seperti point b diatas, tujuan utama sebenarnya bukan hasil penjualan tapi di acara bazaar ini aku mencoba untuk belajar berjualan langsung, face to face dengan pembeli, belajar bagaimana menarik perhatian pengunjung dan mempelajari “trend” atau “mode” yang lagi laku di luar. Selain belajar jualan, aku juga jadi tau kan kalau ada acara bazaar lagi.Bukankah bisnis itu all about selling ? :)

2. dateng pagi-pagi !!!, kalau perlu sholat subuh disana :)

3. bikin X-banner yang menarik perhatian, bikin juga mini banner dan poster-poster kecil dan jangan lupa bawa kartu nama sebanyak-banyaknya.

4. sehari sebelumnya siapkan semua perlengkapan pendukung (hanger,tiang baju,patung,poster dll) dan produk jualan anda, kalau sampai ketinggalan…wahh…siap-siap repot deh.

5. jaga stand jangan sendirian !, ajak teman atau staff anda untuk menemani, takutnya kalau ada keperluan “mendadak” tidak takut meninggalkan stand kita.

6. tentukan produk mana saja yang akan di beri diskon/obral, soalnya bazaar itu kan identik dengan harga murah/lebih miring, makanya untuk menarik perhatian sediakan produk yang akan diobral.

7. perhatikan juga segment pasarnya alias liat-liat acara bazaarnya, nggak lucu kan kalau judul bazaarnya misal produk murah untuk rakyat jelata, eh kita malah jualan gamis yang harganya satu juta keatas :) siapa yang mau beli…

8. nah kalau sudah jaga stand, jangan cuma duduk manis saja layaknya didepan laptop, cobalah untuk “BERJUALAN”.

Itu saja sedikit tips yang aku ambil dari pengalaman ikutan bazaar pertamaku, tidak ada maksud untuk menggurui ya, aku cuma ingin sharing aja dan memberi semangat untuk para bunda yang punya usaha dagang atau memiliki keahlian tertentu untuk ikutan bazaar.

Hal - Hal yang perlu diperhatikan saat ikut bazaar adalah ;

1. Bazaar tidak berarti harus untung, karena sifatnya yang terkadang sporadis dan berpindah-pindah maka gunakan bazaar untuk promosi, perkenalan dan mempetakan pasar.

2. Bagi yang ingin membuka toko ada baiknya gunakan bazaar untuk mempetakan pasar dan promosi sebelum menentukan area/wilayah mana yang cocok untuk buka tokonya.

3. Bagi yang ingin untung, disarankan buka toko atau jual stok lama yang sudah menumpuk di gudang, barang 2nd dan lainnya.

4. Kalo mau rame dan untung, jual barang unik yang stand lain gak bakalan punya dan bahkan jual. Ini harus survey dulu dan ngobrol sama panitia jauh-jauh hari serta sedikit investigasi siapa yang ikutan terus cari tau ada onlinenya gak untuk cek barang-barangnya (persaingan itu harus dan sehat jadi jalankan saja).

5. Bawa barang dengan variasi harga yang berbeda namun kualitas harus tetap dijaga, gak semua orang bawa duit banyak ke Bazaar apalagi kalau lokasi bazaar jauh dari ATM dan gak ada mesin EDC (mesin otorisasi kartu kredit). Contohnya: Jual tidak saja baju, tapi juga perhiasan dan perlengkapan lain dengan range harga mulai dari 10.000 - tak terbatas

6. Jangan asal ikutan bazaar, cek dulu EOnya, lokasinya dan pelajari lingkungannya. Jangan ikut bazaar yang dekat dengan air seperti kolam renang, jamin barang rusak dan gak ada yang beli (siapa yang bawa duit lebih dari 100ribu saat berenang?)

7. Cek juga acara saat bazaar, rame acara gak berarti akan mengundang pengunjung atau pembeli. Pembeli serius inginnya santai, tenang dan bisa memilih karena dia cari diskon dan keunikan. Ingat lho belanja di Bazaar untuk mengharapkan sesuatu yang di toko sudah tidak ada, gak dijual umum atau koleksi pribadi.

8. Pilih rekan stand atau tetangga stand yang menguntungkan kita, jangan buka stand baju kalo sebelahnya jualan makanan, bisa remuk. Cari stand tetangga yang jualannya mendukung kita punya; contohnya kalau jualan baju saja cari tau stan tetangga jualan perhiasan gak... Kan bisa saling bantu jual.

9. Perhatikan layout stan; hindari model konvensional: Meja dan kita duduk di belakangnya, banyak pembeli gak suka pas lagi lihat2 diliatin sama yang jual. Mereka pengennya tenang, anggap saja kita yang beli atau lihat2 di toko terus disamperin ditanya2 apa yang bisa dibantu dll pasti jadi males... Sama kan? Bikin layout mereka bisa browsing sesuka hati, coba2 dan pasti kita dipanggil kalo mereka minat dan mau beli (kitanya jangan didalam, mendingan diluar dan memantau dari jauh). Jangan takut sama yang mau iseng/nyolong/ngutil karena itu konsekuensi Bazaar umumnya. Kalo takut sama gituan, buka toko atau pasang kamera.

10. Ramah. Nah ini penting banget, ramah dan senyum ke semua orang, gak peduli yang pake sendal dan celana compang camping sampai yang bergincu tebal dan menor habis. Yang beli itu yang santai, yang dandan menor akan nawar habis2an dan cuma liat2 doang. Bazaar kan umumnya jatuh di hari libur bukan hari kerja (kecuali yang bazaar di kantoran ya), jadi yang menor pasti baru pulang atau mau ke kondangan. Yang santai sudah tau ada bazaar dan kalo ketemu yang dia tertarik pasti beli.

11. Ramah lagi. Ya sekali lagi penting banget, jangan cuma ke pembeli atau yang liat2 aja. Yang sliweran dan tetangga sesama stan/peserta bazaar lainnya juga harus ramah, di bazaar kita cari teman, network bisnis bukan musuh atau saingan. Toh pas tutup atau pas buka yang beli kan banyak dari peserta bazaar juga, jadi kita harus cari simpati.

12. Hindari kebosanan. Ini susah apalagi kalo bazaarnya sepi pengunjung, tapi dengan bergaul dan beramah tamah bisa mendatangkan pengunjung. Coba aja sendiri, pas sepi kongkow bareng tetangga, ngobrol sana sini, kenalan, pasti yang kita kunjungi atau lokasi tempat kongkow akan kedatangan orang. Jangan lupa juga kalo bosan, mulai deh tuker2 lokasi barang, jangan tutup. Ingat lho, posisi taruh barang menentukan arah mata dan minat beli seseorang.

13. Estetika. Yup, ini salah satu yang terpenting. Coba deh sendiri, kalo kita masuk kategori menengah keatas pastinya cari toko atau belanja di tempat yang secara estetika menarik. Barang tertata rapi, tersusun sesuai kategori (supaya gampang dicari), bersih dan lainnya. Jaga kebersihan dan kalau perlu investasi di Rak, Lampu, Standing Banner, Taplak Meja, bahkan karpet atau lemari.

14. Jangan selalu mencari keuntungan, gak bakalan untung kalau di benak dan kepala kita isinya cuma duit, untung dan gak pernah mau rugi. Kita ini berdagang dan berbisnis, gak ada yang cepat, semuanya bertahap, merangkak pelan dan selama konsisten rezeki gak kemana-mana. Kalo mau aman ya kerja di perusahaan. Unilever saja pedagang dan butuh 100 tahun lebih untuk menjadi seperti sekarang, Coca Cola juga begitu. Saya waktu meluncurkan ToyDistro adalah di saat bazaar pada bulan September 2007 dan belum punya toko, Alhamdulillah sekarang diberkahi 2 outlet di Jakarta, 1 online store dan berencana buka lagi di Bandung. Modalnya? Dari bazaar dan titipan barang-barang teman. Istri saya ikutan bazaar sejak 2001 dan akhirnya punya toko sendiri tahun 2004 setelah memastikan produk dan pasar yang dibidiknya, jadi tidak selama konsisten Insya Allah ada hasil.

15. Atur strategi, bazaar itu bisnis, dan bisnis itu ada marketing, sales, management dan maintenance. Jadi ikutan bazaar ya harus promosi, harus jualan, harus ngatur dan harus menjaga pelanggan. Alat bantu promosi penting, kartu nama minimal, terus standing banner, kenapa? Biar tiap ikutan diingat orang karena pengunjung bazaar umumnya tetap, banyak orang lebih suka belanja saat bazaar jadi mereka suka keliling dan cari info bazaar tiap minggunya. Saya sering ketemu orang yang itu2 aja di tiap bazaar yang populer. Nah mereka itu yang perlu di jaga dan maintain, karena mereka pembeli.

19 komentar:

  1. makasih mba sharenya TOP BGT ^^..

    BalasHapus
  2. Mba aku Minat bazaar Boleh bantu share pengalaman list bazaar dimana aja sich yang rame n menjual barang dagangan agak mahal tolong share ke email aku azizhfh2@gmail.com
    Thx alot

    BalasHapus
  3. Mohon info klo ad bazaar dijakarta dgn harga terjangkau ke keating_ro1977@yahoo.com makasih yak...

    BalasHapus
  4. mb aku kan baru ingin memulai bazar tapi aku masih binggung apa produk aku akan laku di jual ?
    mohon info dan sharing" nya ya mb ke email aku :
    glhlaras@gmail.com
    thank you ;)

    BalasHapus
  5. Mohon info kalau ada bazar di jakarta di email qu refi.kartika@gmail.com

    BalasHapus
  6. terimakasih kak share ilmu nya.. bermnafaat :)

    BalasHapus
  7. minta tolong klo ada info bazar di sekitar depok atau bogor dikabari y.. makasih :)

    BalasHapus
  8. minta info jika ada bazar atau contac person EO atau panitia yang suka mengadakan bazar untuk wilayah Tangerang & Jakarta. ke alamat email saya : zainalabidin186@gmail.com

    BalasHapus
  9. minta info jika ada bazar atau contac person EO atau panitia yang suka mengadakan bazar untuk wilayah Tangerang & Jakarta. ke alamat email saya : zainalabidin186@gmail.com

    BalasHapus
  10. tolong info ya kalo ada bazar yang lagi ada untuk makanan di jakarta. kalo bisa di sabtu dan minggu. ke liebyra18@gmail.com
    thanks ya.... :)

    BalasHapus
  11. tolong info ya kalo ada bazar yang lagi ada untuk makanan di jakarta. kalo bisa di sabtu dan minggu. ke liebyra18@gmail.com
    thanks ya.... :)

    BalasHapus
  12. tolong info ya kalo ada bazar yang lagi ada untuk makanan di jakarta. kalo bisa di sabtu dan minggu. ke liebyra18@gmail.com
    thanks ya.... :)

    BalasHapus
  13. kasih info dong kalau ada bazar untuk Bekasi dan sekitarnya...bazar sekolah atau bazar kantoran juga hayuu, nuhun.

    BalasHapus
  14. Mba mohon info produk apa yg bnyk dicari customer saat bazaar? apakah produk ku bs laris saat bazaar ya? Secara belom ada pengalaman ikut bazaar.. mohon sharingnya ke : dr.novie@gmail.com

    BalasHapus
  15. Permisi yg mau belajar bersama berjualan dalam bazaar 087786673076 wa saja, nanti ada grup ny jd kita bs sharing dan berbagi info. Thanks admin

    BalasHapus
  16. Saya banyak info tentang bazaar dan pasar malam yg bagus bagus, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh pak/ibu lentera Lapak.saya termasuk pemula yg mau ikut bazar,,,jika ada info bazar silahkan contact saya di 08129-6726200-Henďrick

      Hapus
  17. Ikutan bazar gratisan misal jelang agustusan, hut kota cocok untuk pemula

    BalasHapus